JALINAN PENDANAAN TERORISME AKAN DI PUTUSKAN OLEH BNPT DAN PPATK

JALINAN PENDANAAN TERORISME AKAN DI PUTUSKAN OLEH BNPT DAN PPATK

https://beritasarana88.blogspot.com/2017/11/jalinan-pendanaan-terorisme-akan-di.html

Pemerintah Indonesia telah menyediakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berbagai usaha untuk mengeksplorasi pembiayaan terorisme yang melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi (PPATK). Jaringan tersebut terhubung dengan jaringan teroris Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).


"Setelah Anda memahami risiko dengan baik, negara dapat menerapkan penanggulangan seperti. Fokus BNPT dan PPATK adalah melanggar serangkaian pendanaan teroris. Jadi ini adalah usaha kami untuk memutus mata jalinan pendanaan teroris di Negara ISIS," ujar Perdana BNPT Komjen Soeharda Elios dalam keterangan tertulis Jumat (24/11).

Suhardi adalah pembicara pada Pertemuan Tingkat Tinggi Kontra Terorisme (CTF) ke-3 di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia akan berbicara di acara "Tuning the scene untuk pertemuan TF masa depan di wilayah ini" kemarin. (23/11/2017)

Suhardi memberitahukan bahwa pentingnya memperkuat kerja sama internasional dalam memberantas terorisme, termasuk dalam menangani pembiayaan terorisme. Lebih lanjut Suhardi mengatakan ISIS menghadapi kekalahan, seperti pada 2015, di mana ISIS meninggalkan kota Tikrit, Irak. Kemudian di Syria, kota Palmyra dan Sinjar bisa dikendalikan oleh pemerintah. Pada akhir 2015, pasukan koalisi menguasai kota Ramadi.

Sepanjang tahun 2016, organisasi negara Islam mengalami serangkaian kekalahan dengan kontrol kota selatan Mosul. Pada bulan Juli 2017, Koalisi Irak menguasai kota Mosul. ISIS berhasil menyebarkan ideologinya melalui media sosial besar di seluruh dunia (seperti Facebook, Telegram, Twitter dan YouTube). Melalui media sosial, ia memiliki dampak yang sukses pada kelompok ekstremis, kelas menengah bawah, dan wanita dan pemuda tak terbatas.

"Kekalahan ISIS di beberapa daerah yang mereka kuasai di Irak dan Suriah, serta pengusiran sukses untuk mendukung ISIS di Marawi Kota tidak berarti mengurangi bahaya yang dapat menyebabkan, yang kadang-kadang bisa menjadi bahaya nyata diberikan kemampuan untuk beradaptasi dan mega iklan terus melakukan Terutama melalui dunia maya. "

Mengingat Suhardi, ISIS akan mengalahkan titik awal ini untuk menyatukan dan mentransformasikan eksistensi publisitas. "ISIS akan bermutasi untuk membentuk strategi baru dan gerakan, dan pencarian pusat lain, serta pemimpin baru setelah al-Baghdadi," mantan polisi ujan Kabareskrim ini.

Menurutnya, aktivitas pelobi lebih besar di berbagai negara untuk menunjukkan eksistensinya. ISIS telah mampu memperkuat fondasi media sosial yang menargetkan kaum muda yang bisa menjadi amunisi baru untuk melanjutkan misinya di kawasan ini.

"Kekalahan ISIS di Suriah mengakibatkan pelepasan komponen pendukung ISIS yang meluas ke negara-negara asal dan negara untuk menyebarkan pemikiran dan bisnis mereka ke seluruh dunia."

Dalam hal ini, menurut Mantan Kapolda Jawa Barat, memiliki hubungan yang kuat antara kelompok dan jaringan yang berafiliasi dengan ISIS di Asia Tenggara untuk penyelundupan senjata api, pelatihan, dan pendanaan terorisme yang akan menimbulkan ancaman yang signifikan di wilayah ini.

Untuk memberantas pendanaan terorisme di wilayah ini, dan mengatakan: Kami memerlukan implementasi yang kuat dan efektif dalam pertukaran informasi antar negara-negara kawasan, termasuk kebijakan dengan tindakan nyata.

"Kerjasama yang berkaitan dengan pembiayaan terorisme antar negara-negara kawasan ini diperlukan untuk memutus rantai pendanaan aksi terorisme serta pengembangan jaringan teroris," katanya.

Seperti diketahui, pertemuan bekerjasama dengan Unit Intelijen Keuangan (FIU) dari tiga negara, yaitu Malaysia (Bank Negara Malaysia, Indonesia (PPATK) dan Australia (AUSTRAC). Memiliki pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, koordinasi dan kerjasama di bidang berbagi intelijen antara Financial Intelligence Unit (FIU), lembaga penegakan hukum, sektor keuangan dan akademisi di tingkat internasional, terutama yang berkaitan dengan pencegahan dan penghapusan pembiayaan terorisme.

Tidak ada komentar