BMKG Memperingatkan Hujan Deras Dan Gelombang Tinggi Di Seluruh Indonesia


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan hujan lebat dan gelombang tinggi yang terjadi pada hari Rabu, 24 Juli 2019, di beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Badan tersebut memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat di setidaknya lima provinsi, yaitu Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, daerah lain yang diprediksi memiliki curah hujan intensitas tinggi dengan angin kencang dan kilat termasuk Aceh, Kalimantan Barat, dan Maluku Utara, kata BMKG di situs resminya bmkg.go.id seperti dalam keterangan yang tertulis, pada hari Rabu.

Badan tersebut juga memperingatkan orang-orang yang tinggal di daerah pantai bahwa air pasang dapat mencapai ketinggian 4 meter.

Gelombang di Selat Malaka, perairan selatan Kepulauan Banggai-Sula, Laut Flores, Laut Seram, dan Laut Natuna Utara diperkirakan mencapai ketinggian 2,5 meter.

Di perairan utara Pulau Sabang dan di Samudra Pasifik, utara Halmahera, ombak bisa mencapai hingga 4 m.

Di beberapa daerah, termasuk di perairan timur Kepulauan Mentawai di Samudera Hindia, perairan selatan Nusa Tenggara Barat dan bagian selatan Selat Sunda, gelombang dapat mencapai ketinggian hingga 6 m.

Tidak ada komentar