YORDANIA MEMILIKI KEMUNGKINAN DALAM MENDAPATKAN INVESTASI DARI STUDI KEMENTERIAN LUAR NEGERI

YORDANIA MEMILIKI KEMUNGKINAN DALAM MENDAPATKAN INVESTASI DARI STUDI KEMENTERIAN LUAR NEGERI

https://beritasarana88.blogspot.com/2017/12/yordania-memiliki-kemungkinan-dalam.html

Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan bahwa pihaknya sedang mempelajari kemungkinan investasi oleh Indonesia dalam industri pupuk berbasis fosfat dan gas di Yordania.


Studi oleh Pusat Studi dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian, didorong oleh sebuah kesepakatan yang membebaskan komoditas Yordania dari bea masuk di Uni Eropa sebagai kompensasi atas Amman yang setuju untuk mencegah pengungsi dari Suriah menyeberang ke Eropa.

"Kami sedang mempelajari peluang kerjasama, Yordania, bagaimanapun, telah mengisyaratkan bahwa warga Yordania harus membuat setidaknya 25 persen dari total jumlah pekerja yang akan dipekerjakan untuk proyek industri yang akan dikembangkan," ujar Kepala BPPK Siswo Pramono pada hari Rabu 20 Desember 2017.

Investasi oleh Indonesia di industri pupuk di Yordania harus menguntungkan dari setengah liter pandang biaya produksi dan aspek ekspor, ujar Siswo.

Harga gas alam US $ 2 per MMBTU di Yordania lebih murah dari US $ 5 di Indonesia. Selain itu negara penghasil fosfor lebih dekat ke tujuan ekspor - Amerika Serikat dan Eropa - dari Indonesia.

"Kami juga telah membahas peluang investasi dengan PT Pupuk Sriwijaya dan PT Pupuk Indonesia, dan perusahaan lain yang menggunakan stok pakan gas alam dan fosfat," ungkap Siswo.

Jordan memiliki sejumlah proyek investasi yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia seperti pengembangan energi terbarukan, industri pengolahan air bersih, infrastruktur, pariwisata, dan kesehatan.

Dengan berinvestasi di Yordania, perusahaan-perusahaan Indonesia ikut serta dalam membangun kembali Timur Tengah karena konflik tanpa akhir.

Setelah perjanjian perdagangan bebas pada pertengahan 2016, lebih mudah bagi komoditas Jordan untuk memasuki pasar Eropa.

Perjanjian tersebut juga mengharuskan perusahaan Jordania untuk mempekerjakan setidaknya 15 persen pengungsi dari Suriah dalam upaya Uni Eropa untuk membantu Yordania, yang telah menampung ribuan pengungsi dari Suriah yang dilanda konflik.

Tidak ada komentar