KEKHAWATIRAN YANG DI ALAMI BAMSOET TERHADAP MELEMAHNYA RUPIAH

KEKHAWATIRAN YANG DI ALAMI BAMSOET TERHADAP MELEMAHNYA RUPIAH

https://beritasarana88.blogspot.com/2018/05/kekhawatiran-yang-di-alami-bamsoet.html

Ketua DPR Bambang Soesatyo yang akrab disapa dengan Bamsoet diketahui merasa khawatir terhadap penurunan Kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat (USD) yang terus terjadi. 


Kekhawatiran yang di alami oleh Bamsoet disebabkan oleh Melemahnya Rupiah yang akan berpengaruh terhadap banyak hal dan salah satunya yakni mengenai Pembayaran Biaya Haji.

Bamsoet menyatakan bahwa saat ini , Kurs USD telah mencapai Rp 14.276. sebab itu , Bamsoet meminta kepada Pihak Bank Indonesia (BI) serta Kementerian Keuangan untuk segera memperkirakannya.

"Agar BI dan Kemenkeu segera mempersiapkan langkah langkah antisipatif sehingga pergerakan Kurs dari Rupiah ke USD dapat kembali normal. awasi pula berbagai sudut yang mempengaruhinya , mengingat kestabilan Nilai Tukar kini menjadi suatu hal yang sangat penting , terutama terhadap meningkatnya Harga Kebutuhan Bahan Pokok yang terjadi selaam Bulan Suci Ramadhan," ujar Bamsoet saat di Jakarta , Jumat 25 Mei 2018.

Wakil Rakyat Partai Golkar juga meminta kepada Kemenkeu untuk menyelidiki pengaruh pelemahan rupiah terhadap Asian Games 2018. Sebab , Indonesia saat ini terpilih menjadi Tuan Rumah Asian Games dan pastinya akan memperoleh Pemasukan.

"Total seluruh dana yang akan diterima dapat mencapai USD 230 Juta Dollar AS atau setara dengan Rp 3 Triliun," jelas Bamsoet.

Namun , hal yang juga menjadi perhatian serius dari Bamsoet adalah akibat melemahnya rupiah terhadap penyelenggaraan Ibadah Haji. Sebab Biaya Haji di patok dengan Kurs USD.

"Sebab itu , Kementerian Agama harus melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan biaya kenaikan haji dan Umrah sebesar Rp 550 Miliar sehingga mempunyai akuntabilitas serta transparansi Biaya Haji," ujar Bamsoet menjelaskan.

Tidak ada komentar