Gempa Berkekuatan 5,2 SR Melanda Banten, Jawa Barat


Gempa berkekuatan 5,2 melanda Banten, Jawa Barat pada hari Minggu malam, 28 Juli 2019, tetapi banyak orang mengatakan mereka tidak merasakan apa-apa.

Gempa itu tercatat di 76 kilometer barat daya kota Pelabuhan Ratu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 44 kilometer. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan untuk gempa bumi dan tidak ada laporan korban atau kerusakan.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa tersebut bisa dirasakan oleh warga Pelabuhan Ratu, Cisolok, Malingping, dan Sukabumi. Laporan lain dari orang-orang di Depok, Lembang, Jakarta, dan Sawarna juga menunjukkan bahwa mereka mengalami getaran ringan, kata kepala divisi gempa dan tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Minggu.

Namun, banyak orang mengklaim bahwa mereka tidak merasakan getaran apa pun selama gempa.

Ada gempa di Jakarta tadi malam? Saya tertidur, saya tidak merasakan apa-apa, tulis pengguna Twitter Andrie Rhesa di akunnya @romojava.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan dalam pernyataannya pada hari Senin, 29 Juli 2019, bahwa pusat gempa berada di lautan. Penyebab gempa adalah subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

Gempa tidak memicu tsunami karena meskipun pusat gempa berada di laut, energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan gangguan di bawah laut, lanjut PVMBG.

Tidak ada komentar