Gunung Tangkuban Parahu Meletus, Pengunjung Di Minta Untuk Menjauh


Gunung Tangkuban Parahu di Bandung, Jawa Barat, kawah yang merupakan tempat wisata populer, meletus pada pukul 3:48 malam. pada hari Jumat, 26 Juli 2019, dengan otoritas melarang wisatawan mendekati daerah tersebut.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan abu vulkanik melonjak 200 meter dari puncak gunung, yaitu sekitar 2.284 m di atas permukaan laut.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan abu vulkanik abu-abu tebal menyebar ke selatan dan timur laut.

Letusan itu direkam pada seismogram memiliki amplitudo maksimum 38 milimeter dengan durasi sekitar lima menit dan 30 detik, katanya dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa gunung berapi itu sekarang digolongkan sebagai status Level I, atau normal.

Pihak berwenang telah memperingatkan wisatawan untuk tidak mendekati kawah, menyusul peningkatan aktivitas gunung berapi, kata Karbani, menambahkan bahwa mereka juga dilarang menghabiskan malam di kompleks pariwisata Gunung Tangkuban Parahu.

Dia juga memperingatkan penduduk setempat, pedagang dan karyawan kompleks pariwisata Gunung Tangkuban Parahu untuk tetap waspada terhadap kemungkinan peningkatan kegiatan vulkanik.

Erupsi freatik dapat terjadi kapan saja tanpa ada sinyal vulkanik yang jelas, jelasnya.

Tidak ada komentar