BMKG Menjelaskan Langit Merah Seperti Mars Di Jambi


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa langit merah mirip Mars di Provinsi Jambi adalah fenomena yang dikenal sebagai Hamburan Mie.

Seperti yang dijelaskan agensi dalam salah satu posting Twitter-nya pada hari Minggu, 22 September 2019, bahwa fenomena yang juga dikenal sebagai solusi Lorenz-Mie atau Lorenz-Mie-Debye, adalah hamburan gelombang pesawat elektromagnetik oleh homogen. bola.

Warna merah di langit adalah karena sinar matahari yang tersebar di udara oleh partikel udara 0,7 mikrometer yang dikenal sebagai aerosol. Ini pada dasarnya mencerai-beraikan dan menyerap sinar matahari sepanjang perjalanan panjang mereka.

BMKG mengatakan bahwa kejadian serupa tidak terjadi di sekitar Jambi seperti di Palembang dan Pekanbaru karena Jambi dipenuhi oleh polutan konsentrasi tinggi 0,7 mikrometer. Citra satelit TERRA AQUA menunjukkan 56 titik api di Muaro Jambi pada hari Sabtu, 21 September 2019.

Direktur mitigasi kebakaran lahan dan hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Raffles Brotestes Panjaitan mengatakan bahwa provinsi tersebut sekarang sedang dalam tanggap darurat bencana akibat kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah dan enam provinsi lainnya yang terkena dampak seperti Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Tidak ada komentar