BNPB Soroti Beberapa Daerah yang Terkena Dampak Banjir Berdasarkan Perkiraan


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menarik perhatian ke beberapa daerah yang berpotensi terkena dampak banjir sesuai dengan peta perkiraan berdasarkan dampak hujan lebat di Indonesia.

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyoroti delapan area yang berpotensi terkena dampak banjir akibat hujan deras yang melanda kawasan ini," kata Agus Wibowo di Jakarta, pada hari Rabu.

Delapan daerah yang berpotensi terkena banjir adalah Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang statusnya sudah dinyatakan siaga, sementara Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur juga Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan berstatus waspada.

Status ini berlaku mulai tanggal 25 Desember 2019, pada 7 waktu setempat hingga 26 Desember 2019, pada 7 waktu setempat.

Wibowo menyatakan bahwa Jawa Timur telah menyatakan status siaga darurat atas bencana hidrometeorologis. Hal ini ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/650 / KPTS / 013/2019 tanggal 16 Desember 2019.

Saat ini, status tanggap darurat telah ditetapkan untuk beberapa wilayah di Sumatra Barat, Aceh, Riau, Sumatra Barat, dan Sulawesi Tengah. Selain Kalimantan Selatan dan Jawa Timur, peringatan darurat diumumkan di Jawa Barat dan Nusa Tenggara Barat.

Tidak ada komentar