Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio Mengincar Turis Eropa


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan kementeriannya sedang mengincar turis asing dari Eropa untuk mengunjungi Indonesia. Strategi bergeser ini dilakukan mengingat penurunan jumlah wisatawan Tiongkok karena perang dagang negara itu dengan Amerika Serikat.

"Kami akan membidik negara-negara di Eropa seperti Inggris. Kami belum menggarap pasar ini," menteri yang biasa dipanggil Tama itu mengatakan kepada kepada wartawan pada hari Kamis, Desember 26.

Menurutnya, destinasi Indonesia yang kaya akan wisata alam sangat cocok untuk pasar Eropa. Mereka tertarik dengan pengalaman liburan yang mendebarkan seperti berlayar di Labuan Bajo dan Tanjung Puting, tambah Tama.

Namun, ia mengakui bahwa memasarkan tujuan wisata negara itu di Eropa membutuhkan banyak upaya. Biaya mungkin lebih tinggi daripada biaya promosi di Asia.

"Tapi pasarnya sangat potensial. Kita melihat sekarang bahwa sebagian besar wisatawan di Labuan Bajo adalah orang barat," katanya.

Selain Eropa, menteri juga menargetkan pasar wisata dari Amerika Serikat dan Australia yang memiliki minat serupa.

Meskipun menteri fokus pada tujuan pemasaran ke Eropa dan negara-negara barat lainnya, Wishnutama Kusubandio memastikan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan pertumbuhan jumlah wisatawan asing dari Tiongkok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah memetakan destinasi yang cocok untuk turis Tiongkok, seperti Likupang dan Manado.

Tidak ada komentar