Berakhirnya Sebuah Era Sepakbola



Setelah berakhirnya liga - liga di eropa, banyak pemain-pemain senior yang telah mengucapkan perpisahan pada timnya khususnya pemain bintang hingga legenda yang menyatakan akan pensiun di usia yang cukup menengah. Mereka yang menyatakan pensiun ini adalah pemain bintang yang sudah melegenda dan hal tersebut telah mengakhiri sebuah era dalam pesepakbolaan eropa.

Pemain-pemain yang telah menyatakan pensiun adalah Philipp Lahm, Francesco Totti, Frank Lampard, Steven Gerrard, Xabi Alonso, Dirk Kuyt. Semua pemain bintang ini menyatakan pensiun dari pesepakbolaan saat berakhirnya musim liga dan hal yang paling mengejutkan adalah pensiunnya Phillip Lahm pemain kunci Bayern Munich yang berumur 33 tahun ini menyatakan dirinya pensiun dari pesepakbolaan pada akhir musim yang lalu. Lahm telah menjadi kaptep klub Bayern dan negara Jerman sepanjang karirnya, Lahm yang terkenal sangat taktis di lapangan dan serbaguna, yang paling mengejutkan ia tidak pernah melakukan pelanggaran satu kali pun.

Padahal Lahm masih memiliki waktu sekitar 2 tahun kedepan untuk bermain seperti sekarang namun ia memutuskan untuk pensiun karena sudah bangga dengan kariernya yang telah menyabet Piala Dunia, Liga Champions, dan 8 gelar Bundesliga. Kabar yang mengejutkan lainnya adalah legenda AS Roma Francesco Totti yang menyatakan dirinya pensiun pada usia 40 tahun, Totti yang menjadi legenda AS Roma karena sudah menjadi kapten Roma selama 24 tahun sejak debutnya bersama Roma kala itu. Totti telah meraih trofi Piala Dunia dalam karirnya bersama timnas Italia, beserta satu trofi Serie A, dua trofi Piala Super Italia, dan dua trofi Coppa Italia selama karirnya bersama AS Roma.

Keputusan keputusan pensiun yang diambil para pemain ini mengakhiri sebuah era yang telah mereka buat dan sekarang adalah era baru yang masih di tahtahi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Tidak ada komentar