SEA GAMES 2017 : FANS MALAYSIA DIBERIKAN PERINGATAN SETELAH PENDUKUNG SEPAKBOLA MALAYSIA MENGEJEK SAINGAN DENGAN NYANYIAN "‘Singapore dogs’


ORGANISASI Olimpiade Asia Tenggara (SEA) telah mendesak pendukungnya untuk bersikap baik setelah beberapa penggemar Malaysia menyebabkan kemarahan dengan meneriakkan "anjing Singapura" dalam sebuah pertandingan kelompok. Panitia penyelenggara SEA Games merujuk pada insiden tersebut, rekaman yang telah beredar secara online, sebagai "sangat disesalkan". Dikatakan bahwa insiden tersebut bertentangan dengan semangat 11 negara yang sedang berlangsung di Kuala Lumpur sampai 30 Agustus.

Setiap kejadian yang bertentangan dengan semangat kebersamaan dan kesatuan ini, terutama penghinaan terhadap penghinaan di negara-negara peserta lainnya dalam bentuk apapun, sangat disesalkan,kata panitia dalam sebuah pernyataan. Fans didesak untuk menahan diri dari nyanyian penyesalan agama atau ras secara ofensif sepanjang waktu. Nyanyian tersebut tercatat saat Malaysia menang 2-1 atas tuan rumah tetangga Singapura di Stadion Shah Alam, Rabu lalu. Malaysia tertinggal 1-0 sampai mencetak dua gol pada babak kedua untuk memenangkan pertandingan. Singapura sejak itu tersingkir sementara Malaysia sudah mencapai semifinal.

AFP melaporkan bahwa penggemar Malaysia telah dikritik di masa lalu karena menggunakan penghinaan yang sama, terutama pada tahun 2012, saat rekaman nyanyian dari sebuah permainan Piala Suzuki membuat marah orang-orang Singapura. Di Twitter, pengguna @cicikperkasa menulis: "Orang Malaysia bernyanyi" Singapura Anda adalah anjing dalam sebuah acara olah raga regional formal yang melibatkan negara-negara ASEAN menyedihkan, merupakan alasan yang menyedihkan bagi sebuah negara Melayu. Ada kecaman lebih lanjut dari nyanyian di berbagai platform media sosial, dengan banyak penggemar bersemangat untuk memastikan kompetisi tetap sengit namun menyenangkan.

Tidak ada komentar