PBB MEMBERI SANKSI BARU KE KOREA UTARA.

PBB MEMBERI SANKSI BARU KE KOREA UTARA.


dewan keamanan PBB secara bulat setuju untuk menjatuhkan sanksi lebih keras kepada korea utara,munyusul uji coba rudal balistik antarbenua baru-baru ini.

resolusi yang di susun oleh amerika serikat ini mencakup langkah-langkah untuk mengarungi impor bensin negara itu hingga 90 persen.

china dan rusia yang merupakan mitra dagang utama korea utara setuju akan resolusi tersebut.

presiden AS Donald Trump menyambut baik resolusi tersebut dalam kata katanya di twitter, Trump mengatakan dunia ingin "perdamaian bukan kematian".

ketegangan terus meningkat sepanajang tahun ini karena program nuklir dan rudal korea utara terus dikembangkan, dengan mengabaikan tekanan dari kekuatan dunia.

administrasi pemereintahan Donald Trump sedang mencari solusi diplomatik untuk masalah ini,dan merancang satu set sanksi baru untuk korea utara.

solusi yang di tawarkan oleh negara amerika serikat akan membatasi impor bensin 500.000 barel untuk korea utara  pertahun dan minyak mentah 4 juta barel pertahun.

dan untuk semua warga negara korea yang berkerja di luar negeri harus pulang ke negeri asalnya dalam waktu 24 bulan sesuai proposal resolusi,membatasi sumber vital mata uang asing.

bulan lalu amerika serikat juga memberikan sanksi baru ke korea utara yang di rancang untuk membatasi pendanaan program rudal nuklir dan  balistik korut.

langkah tersebut menargetkan bisnis pelayaran korea utara dan perusahaan china yang biasa melakukan perdangaan dengan pyongyang.

PBB juga menyetujui sanksi baru menyusul uji coba nuklir korea utara pada 3 Desember 2017 di istana merdeka.

langkah-langkah ini membatasi impor minyak dan melarang ekspor teksil sebagai upaya mengosongkan bahan bakar dan pendapatan korea utara untuk program senjatanya.

amerika serikat manjatuhkan sanksi kepada korea utara selama lebih dari satu dekade, namun tidak bnayak keberhasilan yang didapat oleh amerika serikat oleh usaha itu.

korea utara menyebut sanksi baru hanya akan mempercepat program nuklir mereka,negara itu terus menguji rudal nuklir dan balistik meskipun ada tekanan-tekanan dari PBB seperti 30 november 2016 PBB menargetkan perdangan batu bara korea utara dengan china mengurangi eskpor hingga sekitar 60 persen di bawah batasan penjualan baru,eskpor tenaga kerja ,nikel ,perak,seng dan penjualan patung juga dilarang oleh PBB.

pada tanggal  14 mei 2017 korea utara menguji coba roket balistik yang baru saja di kembangkan yang mempunyain daya ledak yang cukup besar.

pada 6 agustus 2017 PBB tidak mengijinkan ekspor batu bara, bijih logam dan bahan mentah lain ny ke korea utara yang telah merugikan pyongyang sekitar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13 triliun.

pada 2 juni 2017 PBB pun telah memutuskan untuk tidak mengijinkan warga negara korea untuk datang ke indonesai dan warga indonesai yang berada di korea utara tidak di ijin kan punlang ke indonesai karana untuk mengantisipasi adanya mata-mata dari korea utara dan para penjabat yang berada di korea harus menunggu"ujar PBB.

Tidak ada komentar