India telah menerapkan e-visa gratis untuk orang Indonesia


Orang Indonesia sekarang dapat lebih mudah mengunjungi India dengan visa gratis setelah kesepakatan oleh kedua negara untuk meningkatkan pertukaran dan mobilitas orang.

"E-visa untuk India telah dibuat gratis untuk warga negara Indonesia yang berlaku mulai 18 Juni 2018," Kedutaan Besar India di Jakarta mengatakan di situs webnya.

Menurut situs web e-visa India resmi, terdapat tiga kategori di mana orang asing termasuk orang Indonesia dapat mengajukan permohonan e-turis, e-bisnis dan e-medis.

"Pelamar dari negara / wilayah yang memenuhi syarat dapat mendaftar online minimal empat hari sebelum tanggal kedatangan dengan batas maksimal 120 hari," katanya.

E-visa berlaku selama 60 hari dengan entri ganda untuk visa e-turis dan e-bisnis, dan tiga kali masuk untuk visa e-medis.

Pengunjung yang menggunakan e-visa hanya dapat memasuki India melalui 25 bandara yang ditunjuk dan lima pelabuhan yang ditunjuk: Cochin, Goa, Mangalore, Mumbai dan Chennai.

"Namun, orang asing itu dapat keluar dari salah satu Pos Pemeriksaan Imigrasi resmi di India," kata pengumuman itu.

Sebelumnya, orang Indonesia harus membayar US $ 48 untuk e-visa. Warga dari semua negara ASEAN lainnya harus membayar $ 80, kecuali warga Singapura, yang membayar $ 25. Warga Myanmar juga menikmati e-visa gratis.

Selama kunjungannya ke Jakarta pada bulan Mei, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan negaranya akan memberikan visa 30 hari gratis kepada orang Indonesia.

Tidak ada komentar