Perhitungan cepat Ibu Khofifah memimpin pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur


Mantan menteri urusan sosial Khofifah Indar Parawansa memimpin perlombaan dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur, mengalahkan saingannya Saifulah "Gus Ipul" Yusuf dalam upaya ketiganya untuk merebut posisi puncak di provinsi itu, menurut hitungan cepat.

Hitungan cepat oleh Pusat Penelitian Kompas berdasarkan 95 persen sampel suara pada jam 4 sore. menunjukkan bahwa Khofifah dan rekannya, Emil Dardak, memenangkan 53,74 persen suara. Pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno membuntuti dengan 46,26 persen suara.

Penghitungan cepat lainnya oleh jajak pendapat yang berbasis di Jakarta Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga menunjukkan bahwa tiket Khofifah-Emil memimpin dengan hasil 52,3 persen, sedangkan tiket Gus Ipul-Puti dengan 47,7 persen.

SMRC mengumpulkan 95 persen sampel suara pada jam 4:16 sore hari.

Pasangan Khofifah-Emil didukung oleh Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura dan Partai Amanat Nasional (PAN), sementara Gus Ipul dan pasangannya, Puti, didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

Pemilihan tahun ini menandai tawaran ketiga Khofifah untuk menjadi seorang Gubernur Jawa Timur. Khofifah dan Gus Ipul, keduanya merupakan tokoh yang berafiliasi dengan kelompok Islam Nahdlatul Ulama. Khofifah kalah pada tahun 2008 dan 2013 untuk gubernur yang saat itu menjabat Soekarwo dan Gus Ipul, masing-masing.

Tidak ada komentar