Agus Gumiwang Kartasasmita Secara Resmi Ditunjuk Sebagai Menteri Penganti Idrus Marham


Pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Pak Jokowi telah menunjuk politisi Partai Golkar Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial yang baru, menggantikan sesama politisi Golkar Bapak Idrus Marham yang mengundurkan diri setelah dinyatakan sebagai tersangka korupsi.

Agus Gumiwang Kartasasmita, putra politisi senior Ginandjar Kartasasmita, diresmikan di Istana Presiden di Jakarta pada hari Jumat sore 24 Agustus 2018, hanya beberapa jam setelah pengunduran diri Idrus Marham.

Kementerian Sosial memiliki tugas yang mendesak untuk menangani manajemen pasca-bencana di Nusa Tenggara Barat. Jadi kami memutuskan untuk segera memberi nama sebagai pengganti Pak Idrus Marham,” kata Presiden Jokowi setelah pelantikan.

Agus Gumiwang Kartasasmita telah menjabat sebagai anggota parlemen Partai Politik Golkar sejak tahun 2004 dan saat ini duduk sebagai sekretaris faksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat.

Ia juga terdaftar sebagai anggota tim kampanye Jokowi-Ma'ruf.

Idrus Marham menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Pak Jokowi pada hari Jumat sore, mengutip kewajiban etis dan moral untuk mengundurkan diri.

Politisi Partai Golkar yang disebut tersangka dalam kasus dugaan penggelapan di sekitar pengembangan pembangkit listrik tenaga batubara di Riau, mengatakan dia telah diberitahu oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang status tersangka dalam kasus tersebut.

Tidak ada komentar