Video Menunjukkan Tsunami Menghantam Palu Setelah Gempa Berkekuatan 7,7 skala Richter


Rekaman ponsel yang menunjukkan tsunami yang menghantam daerah pantai telah beredar online setelah serangkaian gempa kuat mengguncang Sulawesi Tengah pada hari Jumat, 27 September 2018.

Rekaman itu menunjukkan sejumlah restoran kecil di dekat Palu Grand Mall di Palu tersapu oleh ombak.

Ini juga menunjukkan air yang memukul Masjid Baiturrahman yang rusak berat terletak di sebelah mal.

Tidak dapat secara independen memverifikasi keaslian video, tetapi pencarian Google Maps di Palu Grand Mall dan Baiturrahman Mosque menghasilkan gambar yang sesuai dengan lanskap dan landmark yang ditampilkan dalam video.

Iksam seorang pejabat dari Museum Sulawesi Tengah di Palu, mengkonfirmasi acara tersebut ke media. Ya, ada smashing air laut, katanya, sebelum koneksi telepon rusak.

Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter mengguncang Sulawesi Tengah tak lama setelah gempa berkekuatan 6,0 yang menewaskan satu orang dan melukai sedikitnya 10 orang di Donggala, Sulawesi Tengah, pada hari Jumat sore.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan tetapi kemudian dengan cepat mencabut peringatan tsunami setelah gempa kuat terjadi pada jam 5:02 sore hari. Waktu Jakarta, hanya beberapa jam setelah gempa pertama.

Situs web USGS menyebutkan gempa berkekuatan 7,5 SR.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Juru bicara Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan dalam sebuah rilis pada hari Jumat bahwa gempa menghantam daerah sekitar 27 kilometer timur laut Donggala pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi lebih besar dari gempa Yogyakarta tahun 2006, yang berukuran 6,4 dalam skala besar dan gempa bumi 7,0 skala Richter baru-baru ini pada bulan Agustus 2018.

Tidak ada komentar