Luhut Pandjaitan Menanggapi Masalah Deforestasi Yang Menjadi Sorotan Dunia Selama Pidatonya


Menteri Koordinator Bidang Kelautan Luhut Pandjaitan menanggapi masalah deforestasi yang telah menjadi sorotan dunia selama pidatonya di sebuah lokakarya bertema Percepatan Kemitraan dan Aksi Hutan, yang merupakan acara sampingan Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Kami benar-benar terbuka, tetapi jangan mendikte kami, kata Luhut dalam pernyataan tertulis, pada hari Jumat, 25 Januari 2019.

Luhut Pandjaitan membuat pernyataan di hadapan puluhan peserta internasional, termasuk wakil presiden Amerika Serikat ke-45, Albert Arnold Gore Jr., Presiden Kolombia Ivan Duque Marquez, dan asisten PBB untuk sekretaris jendral untuk Lingkungan, Satya Tripathi.

Pemerintah Indonesia, menurut Bapak Luhut Pandjaitan, terbuka untuk kemitraan dan saran. Namun, dia menekankan, itu menentang pihak mana pun yang mau mendikte Indonesia.

Pemerintah Indonesia siap untuk membahas masalah ini dengan UNEP, Bank Dunia, dan komunitas Forum Ekonomi Dunia untuk mencari apa yang bisa kita lakukan bersama, tambah Pak Luhut.

Lebih lanjut Luhut berpendapat bahwa pemerintah sadar akan masalah deforestasi, dan kami segera bergerak. Presiden Joko Widodo atau yang akrab kita sapa Pak Jokowi telah mengumumkan moratorium minyak kelapa sawit.

Luhut Pandjaitan mengatakan kunci untuk mengatasi masalah ini adalah menemukan keseimbangan untuk mencapai pelestarian alam, kesejahteraan rakyat, ketahanan pangan nasional, dan penerapan hukum yang konsisten.

Tidak ada komentar