Para Pemimpin ASEAN Sepakat Untuk Mengadopsi Pandangan ASEAN Mengenai Konsep Indo-Pasifik


Sepuluh pemimpin negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah sepakat untuk mengadopsi Pandangan ASEAN tentang konsep Indo-Pasifik.

Tadi malam para menteri luar negeri membahas masalah ini. Alhamdulillah para pemimpin ASEAN telah mengadopsi Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik (konsep) yang diprakarsai oleh Indonesia, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan di sela-sela KTT ASEAN ke 34 yang diadakan di Bangkok pada hari Minggu, 23 Juni 2019.

Menteri mengatakan ada lima poin utama terkait Indo-Pasifik pertama, latar belakang dan alasan di balik pandangan Indo-Pasifik, kedua, elemen kunci dalam pandangan, ketiga, obyektif, keempat, prinsip-prinsip yang terkandung dalam pandangan dan kelima, bidang kerja sama.

Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Pak Jokowi telah menggarisbawahi perlunya ASEAN memiliki pandangan tentang masalah Indo-Pasifik.

Selama pleno KTT ASEAN ke-34, presiden Jokowi melampirkan pentingnya ASEAN berpandangan tentang masalah Indo-Pasifik di tengah ketidakpastian global saat ini, kata Retno LP Marsudi.

Pandangan tersebut mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati budaya perdamaian dan dialog serta memperkuat kerja sama.

Indonesia berterima kasih kepada negara-negara anggota ASEAN lainnya atas dukungan mereka untuk mengembangkan Pandangan ASEAN tentang konsep Indo-Pasifik, katanya.

Presiden Jokowi mengatakan hampir satu tahun yang lalu bahwa Negara Indonesia mulai menghadirkan konsep Indo-Pasifik ini, kata menteri.

Tidak ada komentar