PEKERJA TAMBANG FREEPORT INDONESIA MELAKUKAN AKSI MOGOK SELAMA 4 BULAN BERTURUT TURUT


Diperkirakan 5.000 pekerja di tambang tembaga Grasberg raksasa yang dioperasikan oleh unit Freeport-McMoRan Inc (FCX.N) akan memperpanjang pemogokan mereka untuk bulan keempat, seorang pejabat serikat mengatakan pada hari Jumat, dalam sebuah perselisihan yang sedang berlangsung tentang PHK dan persyaratan kerja. Masalah tenaga kerja meningkat saat Freeport, perusahaan pertambangan tembaga terbesar di dunia, digerogoti dalam sebuah perselisihan panjang dan mahal dengan pemerintah Indonesia mengenai hak atas tambang tembaga dan emas Grasberg.

Freeport tetap terus melanjutkan proses ekspor konsentrat tembaga dari Grasberg, yang merupakan pertambangan tembaga terbesar yang kedua di dunia. Pada bulan April setelah pemadaman 15 minggu terkait dengan baris tersebut, namun solusi permanen masih harus ditemukan. Harga tembaga CMCU3 mencapai puncak 4-1 / 2 bulan pada hari Jumat, didorong oleh pertumbuhan yang kuat di konsumen papan atas China, dolar yang lemah dan kekhawatiran tentang gangguan pasokan.

Freeport mendorong kembali peraturan pemerintah yang direvisi yang mengharuskan penambang membayar pajak dan royalti baru, melepaskan 51 persen saham dan menyerahkan hak arbitrase. Penambang yang berbasis di Arizona menginginkan sebuah 'perjanjian stabilitas investasi' yang meniru hak legal dan fiskal berdasarkan kesepakatan yang ada. Perwira hubungan industrial persatuan buruh Freeport Indonesia Tri Puspital mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa pemogokan tersebut diperpanjang karena masih belum ada solusi untuk masalah pekerja.

Pemogokan tersebut dimulai pada bulan Mei setelah Freeport memberhentikan sekitar 10 persen tenaga kerjanya untuk mengurangi biaya. Pada bulan Mei, Freeport mengatakan bahwa tingkat penggiliran dan penggilingan di Grasberg dipengaruhi oleh pemogokan tersebut, dan investor akan mencari informasi lebih lanjut ketika perusahaan tersebut melaporkan hasil keuangan kuartal kedua 25 Juli.

Indonesia mengatakan pekan lalu pihaknya akan mengundang chief executive Freeport Richard Adkerson ke Jakarta bulan ini untuk mencoba menyelesaikan perselisihan, namun juru bicara perusahaan tidak akan mengkonfirmasi apakah dia akan hadir. Saham Freeport turun sekitar 1 persen di New York pada $ 12,93 Jumat pagi.

Tidak ada komentar