Survei Menunjukkan Putra Jokowi Menjadi Favorit Untuk Pemilihan Walikota Surakarta


Sebuah survei menunjukkan bahwa putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, adalah favorit di antara calon walikota potensial untuk Surakarta, Jawa Tengah, di mana ayahnya juga memulai karir politiknya sebagai walikota.

Kaesang Pangarep, saudara lelaki Gibran, juga dinominasikan dalam survei. Kedua saudara itu sekarang menjalankan bisnis mereka sendiri.

Kepala laboratorium kebijakan publik Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Suwardi, mengatakan pada hari Kamis bahwa lembaga tersebut telah mendistribusikan 768 penanya tetapi dua dianggap tidak valid. Margin kesalahan survei adalah 4 persen.

Membentuk responden, 90 persen tahu Gibran, kata Suwardi ketika mengumumkan hasil survei.

Surakarta akan menjadi salah satu daerah di Indonesia yang akan mengadakan pemilihan pada tahun 2020.

Wakil walikota Surakarta yang berkuasa, Achmad Purnomo, sama populernya dengan Gibran, kata Suwardi mengutip survei tersebut. Ia menambahkan bahwa Kaesang berada di posisi ketiga (86 persen), diikuti oleh pembicara Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Surakarta, Tegung Prakoso (49 persen).

Suwardi mengatakan survei itu mencari pendapat orang-orang tentang popularitas, penerimaan dan pemilihan tokoh untuk dinominasikan sebagai walikota untuk kota itu.

Dari sudut pandang keterpilihan, Achmad berada di puncak daftar (38 persen), diikuti oleh Gibran (13 persen) dan Teguh (11 persen).

Selain itu, ada juga beberapa tokoh lain yang dinominasikan oleh responden, termasuk ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta, Gareng S. Haryanto, tokoh Islam K.H. Abdul Kharim dan rektor Universitas Negeri Eleven (UNS) yang dikelola pemerintah Ravik Karsidi.

Tidak ada komentar