Zumi Zola Zulkifli Menghabiskan Dana Haramnya Pada Koleksi Tokoh Marvel


Sementara para tersangka korupsi umumnya ditemukan telah menghabiskan uang yang mereka dapatkan secara tidak sah pada barang-barang yang mahal seperti mobil mewah dan rumah mewah. Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencurigai Gubernur Jambi yang tidak aktif dan seorang mantan aktor Zumi Zola Zulkifli menghabiskan gratifikasi yang telah diterimanya. pada koleksi yang relatif tidak biasa tokoh aksi Marvel.

Zumi Zola Zulkifli didakwa pada minggu lalu karena menerima hadiah tidak sah lebih dari Rp 40 miliar sehubungan dengan proyek infrastruktur provinsi dari tahun 2016 sampai 2017.

Menurut surat dakwaan, salinan yang diperoleh baru-baru ini, Zumi Zola Zulkifli telah dilaporkan memerintahkan ajudannya Asrul Pandapotan Sihotang untuk menggunakan sebagian uang terlarang untuk membeli beberapa tokoh aksi Marvel antara bulan Juni dan November tahun 2017 senilai Rp 52 juta dari XM Studios, produsen berlisensi koleksi patung premium dari Singapura.

Zumi Zola Zulkifli juga telah menggunakan uang sebesar Rp 36 juta dari uang terlarang untuk belanja online istrinya sebesar Rp 300 juta untuk umrah dan sebesar Rp 400 juta untuk membeli hewan kurban Idul Adha, kata surat dakwaan.

KPK juga menduga bahwa Zumi Zola Zulkifli juga menggunakan uang haram untuk membantu adik laki-lakinya, Zumi Laza untuk mengamankan posisi kepemimpinan di kantor Partai Amanat Nasional (PAN) Jambi. KPK menduga Zumi sudah menghabiskan Rp 274 juta untuk membeli dua ambulans untuk saudaranya untuk diberikan ke kantor PAN di Jambi.

Kita harus bisa membuktikan kecurigaan kita nanti selama persidangan,” kata juru Bapak Febri Diansyah selaku bicara KPK seperti pada keterangan tertulis.

Zumi Zola Zulkifli juga didakwa menyalurkan uang suap sebesar Rp 16 juta kepada puluhan anggota Dewan Legislatif di Jambi untuk mempengaruhi pembahasan anggaran provinsi tahun 2017 dan 2018.

Tidak ada komentar